rumah tua di PG Gondang Wingangoen, Klaten rumah tua di PG Gondang Wingangoen, Klaten

Spot Favorit Shooting Film

1486 Kali

Masih terjaganya keaslian sejumlah bangunan di kompleks Pabrik Gula (PG) Gondang Winangoen membuatnya banyak dilirik pekerja film sebagai lokasi syuting. Setidaknya terdapat empat film layar lebar yang mengambil lokasi syuting di pabrik gula yang berlokasi di Jogonalan, Klaten ini. Empat film tersebut adalah Soegija yang disutradarai Garin Nugroho, Habibie & Ainun yang diangkat dari buku karya mantan Presiden B.J. Habibie, Sang Kiai yang mengangkat kisah pejuang kemerdekaan yakni K.H. Hasyim Asyari, dan terakhir Soekarno yang disutradarai Hanung Bramantyo.

“Terakhir, rumah besaran ini digunakan untuk adegan saat Soekarno mengikuti persidangan. Sementara bagian belakang rumah ini digunakan untuk Istana Kaisar Jepang,” jelas Koordinator Pengembangan Agrowisata PG Gondang Winangoen, Ahmad Zaqi Fuadi, saat ditemui Rumah190.com, beberapa waktu lalu.

Salah satu lokasi yang paling favorit digunakan sebagai lokasi syuting film layar lebar adalah rumah dinas seorang staf PG Gondang Winangoen yang terletak di lokasi paling barat. Bahkan, sebuah rumah yang dibangun pada era 1930-an itu digunakan untuk syuting tiga film sekaligus. Bagian depan rumah itu digunakan untuk syuting rumah Ainun dalam film Habibie & Ainun. Bagian samping dan belakang rumah itu digunakan sebagai rumah Inggit dalam film Soekarno. Bagian belakang rumah itu juga digunakan sebagai lokasi hotel tempat menginap Mariyem dalam film Soegija.

“Di kompleks PG Gondang Winangoen memang terdapat sejumlah rumah dinas yang dibangun pada tiga masa yang berbeda yakni pada era 1930-an, 1950-1960 dan 1970. Setiap zaman memiliki tipe atau karakter arsitektur yang berbeda. Karena itulah, PG Gondang menjadi lokasi favorit bagi kalangan sutradara,” pungkas Zaqi. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS