Konsep taman gantung hadir untuk mensiasati sempitnya lahan untuk membangun taman./youtube.com Konsep taman gantung hadir untuk mensiasati sempitnya lahan untuk membangun taman./youtube.com

Taman Gantung Jadi Alternatif

4698 Kali

RUMAH190.COM–Jika lahan rumah benar-benar sangat sempit, tak perlu khawatir ada beberapa alternatif menghadirkan taman. Salah satunya adalah menciptakan taman koleksi tanaman di pot gantung.

Dosen Program Studi Desain Interior, Universitas Sahid Surakarta, Eko Sri Haryanto mengatakan alternatif taman paling masuk akal di lahan sempit, salah satunya dengan pot gantung. ”Pot gantung itu salah satu alternatif jika lahan benar-benar sudah habis,” ujarnya.

Eko mengatakan ada beberapa jenis taman yang bisa disesuaikan berdasarkan tema, yaitu taman kebun, taman bunga, taman dinding, taman kering, taman air, taman minimalis dan taman kombinasi. Misalnya taman dinding, lebih ditekankan pada dinding yang dibuat dari elemen batu koral, bambu atau dari bahan lain, namun tetap harus menghadirkan unsur tanaman.

Sedangkan untuk taman kering bisa dihadirkan dalam berbagai bentuk, dari tropical japan, Bali style dan mediterania.

Sementara itu dosen Jurusan Desain Interior Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Soepono Sasongko menuturkan prinsip utama taman sebenarnya adalah menghadirkan pencahayaan dan sirkulasi udara yang segar. Hal ini khususnya untuk taman yang dibangun di dalam rumah.

”Atapnya bisa diberi teralis atau fiber untuk memberikan pencahayaan yang cukup,” ungkap Soepono jika ingin membuat taman mini di dalam rumah. Pencahayaan untuk taman yang berada di ruang keluarga atau di ruang tamu bisa disiasati dengan menjebol atap ruang tamu dengan ukuran 1 meter x 4 meter dan menggantinya dengan atap fiber yang dilengkapi teralis untuk alasan keamanan.  (ema)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS