Salah gagang pintu model klasik Eropa. Kesan mewahnya terlihat dari bahan dan desainnya yang bagus./youtube.com Salah gagang pintu model klasik Eropa. Kesan mewahnya terlihat dari bahan dan desainnya yang bagus./youtube.com

Tampilkan Kemewahan Dari Handle Pintu

688 Kali

RUMAH190.COM–Desain aksesoris untuk rumah tinggal dalam perkembangannya sekarang semakin beragam dan menarik. Seperti munculnya beragam desain handle atau pegangan pintu dengan penyuguhkan bentuk unik yang mampu menambah unsur estetika dan menambah kesan tertentu pada rumah.

Menilik fungsinya handle pintu sebenarnya sekadar pegangan saat membuka/menutup pintu. Namun ada fungsi sekunder yang kini jadi pertimbangan pemasangan handle yakni bagian dari pencitraan. Seiring dengan kemajuan tren aksesoris rumah yang terus berkembang, desain peranti pintu yang satu ini juga mengalami perubahan dengan munculnya berbagai model handle yang unik dan menarik.

Dengan semakin banyaknya model handle pintu yang muncul di pasaran, fungsi handle tak terbatas sebagai pengaman dan sebagai pegangan pintu. Lebih jauh dari itu, handle menjadi salah satu elemen dekorasi yang mampu menambah estetika atau bahkan kemewahan pada rumah dan memunculkan karakter kuat.

Salah satu karyawan Toko Mitra di Jl Suryo Pranoto 18 yang menyediakan beragam handle di Solo, Muhammad Soleh mengatakan, ada beberapa jenis handle yang kerap digunakan sebagai pegangan pada pintu utama rumah, antara lain handle tekan atau putar yang biasanya menyatu dengan selot atau anak kunci rumah dan handle tarik. ”Untuk handle tekan biasanya diaplikasikan pada pintu engkel atau pintu tunggal, sementara handle tarik kebanyakan diterapkan pada pintu dobel,” jelas Soleh saat dijumpai Rumah190.com di tempat kerjanya.

Soleh menyebutkan bahan handle beragam, mulai dari bahan metal, tembaga, kuningan hingga variasi beberapa bahan tersebut yang dipadukan dengan kayu maupun batu marmer atau bahan lainnya. Mengenai bentuknya, ada yang lurus, lengkung, bulat, kotak dan sebagainya.

”Bentuknya menyesuaikan dengan motif atau model pintu. Handle jenis tarik berbentuk lurus biasanya diaplikasikan pada pintu kayu dengan motif kotak atau garis tegas, sementara untuk pintu yang ada unsur lengkungnya kebanyakan menggunakan handle berbentuk lengkung,” kata dia.

Untuk handle jenis tekan atau putar bentuknya lebih sederhana ketimbang handle tarik. Agar handle tekan tampak lebih menarik, ada penambahan beberapa ornamen. Bahkan, ada handle yang dilapisi dengan emas. Soleh menambahkan, warna handle yang sekarang ini digemari banyak kalangan adalah warna silver atau perak.

Sementara Riyani warga Puri Gentan Deluxe memakai handle tekan dari bahan kuningan warna kuning emas menjadi pilihan di rumahnya. Handle tekan itu terintegrasi dengan anak kunci pintu diaplikasikan pada pintu engkel yang terbuat dari kayu Kalimantan.

”Sebenarnya handle ini bawaan dari developer perumahan, ke depannya ingin saya ganti dengan handle yang memiliki kunci master. Pasalnya, dengan handle yang sekarang, saya sering ribet membawa kunci pintu rumah yang banyak banget, karena setiap pintu di rumah ada kuncinya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Rohmatien yang berdiam di Sumber, Solo, memilih handle jenis tarik ukuran 30 sentimeter untuk pintu dobel pada rumahnya. Dia memilih handle dengan dudukan dari kuningan. Untuk menambah unsur estetika rumah, pegangan handle terbuat dari keramik.

”Pemilihan handle ini saya sesuaikan dengan ukuran dan bahan pintu yang terbuat dari kayu jati dengan variasi kaca grafir pada tengahnya,” ujar dia. Ibu dua orang anak ini menambahkan, untuk mencegah handle terjangkit jamur dan agar tampak mengkilat, secara berkala handle dilap dengan cairan silikon.

Sementara Soleh menambahkan, mengenai ukuran standar handle jenis tarik mulai dari 30 sentimeter hingga 60 sentimeter. Mengenai harga Soleh menyebutkan untuk jenis tarik standar berkisar Rp 250.000 hingga Rp 480.000. Sementara handle tekan atau putar standar harganya berkisar Rp 65.000 hingga Rp 700.000. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS