Arsitek/Rini Hidayati Arsitek/Rini Hidayati

Konsultasi Desain Rumah: Tanaman Air pada Desain Pagar

1673 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Pagar merupakan elemen pelengkap bangunan untuk menjaga keamanan dan privasi. Desain pagar sangat beragam, begitu pula dengan material yang digunakan. Material yang digunakan dapat merupakan perpaduan antara elemen keras (hard material) seperti bata, beton, besi,dan batu alam dengan elemen lunak (soft material) berupa tanaman. Ada sejumlah alternatif desain pagar yang memadukan elemen keras dengan tanaman. Digunakannya tanaman pada desain pagar karena tanamanmemiliki fungsi baik ekologis maupun estetis. Tanaman yang digunakan pada desain ini lebih ditekankan pada tanaman air, dengan pertimbangan tanaman air dapat memberikan kesan lebih segar

Pada desain pertama, pagar terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pertama menggunakan tanaman pucuk merah yang dipangkas dengan batu alam sebagai background, bagian kedua berupa pagar dari bata yang diisi tanaman bambu air (Equisetum hyemale), serta bagian ketiga merupakan pintu masuk dari material kayu dan besi. Desain kedua menggunakan tanaman air jenis typha (Typhalatifolia) dalam pot yang ditata berselang-seling dengan pagar dinding bata dan batu alam yang diisi tanaman pangkas kuning.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS