Jika menggunakan genteng dari keramik, ketebalan penampang baja ringan juga perlu disesuaikan dengan beban penutup atap/youtube. Jika menggunakan genteng dari keramik, ketebalan penampang baja ringan juga perlu disesuaikan dengan beban penutup atap/youtube.

Tentukan Dulu Detail Penutup Rangka Atap Baja Ringan

401 Kali

RUMAH190.COM–Kerangka atap baja ringan yang ada di Indonesia kebanyakan diproduksi oleh perusahaan yang memiliki lisensi dari perusahaan Australia, salah satunya Bluescope Lysaght.
Bluescope tidak menawarkan baja ringan dalam bentuk lempengan profil namun sudah terintegrasi dalam bentuk rangka atap baja dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Di Tanah Air, salah satu produk yang mendapat lisensi Bluescope adalah Smartruss.

Menurut Project Supervisor Smartruss area Solo, Rudy Prasetyo ST, kerangka atap baja ringan yang tahan korosi, tahan api, tahan rayap dengan bobot material yang lebih ringan dari kuda-kuda kayu merupakan alternatif pengganti kuda-kuda kayu. ”Baja ringan ini telah di-coating dengan komposisi 55 persen aluminium, 43,5 persen seng dan 1,5 persen silikon,” lanjutnya.

Sebelum melakukan pengerjaan perakitan, lanjutnya, konsumen harus menyebutkan secara detail penutup atap yang akan digunakan agar bisa disesuaikan dengan ketebalan penampang baja ringan yang digunakan.

”Jika dengan penutup atap metal roof berarti lebih ringan dari kuda-kuda baja ringan. Jika menggunakan genteng dari keramik, ketebalan penampang baja ringan juga perlu disesuaikan dengan beban penutup atap,” lanjutnya.

Demikian pula jarak antara reng, lebar atau sempit, akan memengaruhi jumlah reng yang digunakan. Sejauh ini pihaknya sudah menangani pengerjaan rangka atap baja ringan di Gereja Kristen Indonesia Masaran Sragen dan beberapa rumah di Solobaru.

Ditambahkan Rudy, pengerjaan rangka atap baja ringan, lebih cepat daripada kuda-kuda kayu. Misalnya untuk luas 350 meter persegi dibutuhkan waktu hanya delapan hari untuk pemasangan. (ema)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS