www.tokokusenkayu.com www.tokokusenkayu.com

Tentukan Kualitas Bahan Kusen Anda

1065 Kali

RUMAH190.COM Dalam membuat kusen dari bahan kayu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertimbangan utama adalah pemilihan kayu yang akan dijadikan kusen.Kebanyakan, kusen dibuat dari kayu jati. Kayu ini memiliki kekuatan yang baik, tekstur halus dan awet dalam pemakaian.

Meski demikian, kayu jati ini memiliki kelas-kelas yang menunjukkan kualitas. Kalangan pebisnis kayu biasa menyebut kualitas A, B dan C untuk urutan kualitas itu bagus, sedang dan biasa. Kayu jati kelas A, biasanya memiliki tekstur yang halus dan bebas bercak warna putih. Kelas B atau kelas sedang biasanya kualitasnya bagus tetapi masih ada putihnya, sedangkan kelas Ckualitasnya lebih rendah lagi. Biasanya kayu jati ini disebut jati kebun.

Pilihan kualitas tersebut juga berpengaruh pada harga. Semakin baik kualitasnya, semakin mahal harganya. Oleh sebab itu, pemesan hendaknya juga mempertimbangkan kemampuan dana yang dimiliki. Guru Kriya Kayu di SMK Kriya Sahid Sukoharjo, Wawan Darmawan mengatakan setelah bahan kayu terpilih, langkah selanjutnya, adalah menentukan ukuran kusen yang diinginkan, baik kusen pintu maupun jendela. “Ukuran untuk kusen pintu dan jendela ini ada standarnya,” kata dia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Standar ukuran kayu balok adalah 6×12 cm atau 8×15 cm. Untuk pintu dobel, ukuran lebar plong antara 120-150 cm dengan tinggi dua meter atau lebih. Sedangkan untuk kusen pintu tunggal lebarnya 80 cm. Sementara untuk jendela yang menyatu dengan pintu, lebarnya 50-60 cm dengan ketinggian 170-175 cm. Namun demikian, tak jarang pemesan menginginkan ukuran yang mereka mau. Misalnya untuk rumah minimalis, kusen jendela dibuat tidak terlalu lebar. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS