Kehadiran teralis yang dipasang pada pintu rumah sekarang ini mulai dilirik oleh beberapa kalangan yang mempertimbangkan keamanan rumah. Selain fungsi tamanya untuk keamanan, kehadiran teralis pintu juga bisa semakin menonjolkan estetika rumah./houzz.com Kehadiran teralis yang dipasang pada pintu rumah sekarang ini mulai dilirik oleh beberapa kalangan yang mempertimbangkan keamanan rumah. Selain fungsi tamanya untuk keamanan, kehadiran teralis pintu juga bisa semakin menonjolkan estetika rumah./houzz.com

Teralis Pintu, Keseimbangan antara Keindahan & Keamanan

799 Kali

RUMAH190.COM–Kehadiran teralis yang dipasang pada pintu rumah sekarang ini mulai dilirik oleh beberapa kalangan yang mempertimbangkan keamanan rumah. Selain fungsi tamanya untuk keamanan, kehadiran teralis pintu juga bisa semakin menonjolkan estetika rumah.

Banyak dipertimbangkan ketika mendesain rumah yang nyaman dan aman ditinggali. Faktor keamanan menjadi salah satu pertimbangan yang dipandang vital dalam menata rumah tinggal. Hanya sayangnya, kadang orang mengabaikan faktor ini.

Memasang teralis pada pintu depan rumah merupakan salah satu langkah antisipasi keamanan yang paling efisien. Namun, memasang teralis pada pintu belum begitu populer digunakan masyarakat. Hanya sebagian kecil masyarakat yang melengkapi teralis pintu sebagai bagian dari keamanan rumah.

Banyak yang menganggap pemasangan teralis pintu justru merusak estetika atau karena tidak mau direpotkan dengan adanya pintu dobel yang terdiri dari teralis pintu utama. Padahal, jika ditilik dari sisi keamanan rumah, memasang teralis pada pintu akan menyulitkan orang berniat jahat masuk.

Karena alasan keamanan ini pula Nur Ali memasang teralis pada pintu utama rumahnya. Keluarga yang berdiam di Puri Gentan Asri Deluxe No 9 ini menjatuhkan pilihan pada teralis dari bahan besi tempa berwarna tembaga untuk melapisi pintu utama yang terbuat dari kayu Kalimantan.

”Pemasangan teralis pada pintu ini pada dasarnya untuk alasan keamanan. Dengan adanya teralis ini setidaknya mempersulit orang yang tidak diinginkan untuk masuk ke dalam rumah,” ujar Nyonya Nur Ali ketika dijumpai Rumah190.com di kediamannya.

Lebih lanjut Ny Nur Ali mengatakan, pemilihan motif teralis pintu disesuaikan dengan teralis jendela dan pagar rumahnya. Dia memilih motif teralis ukiran simpel dengan tambahan ornamen berbentuk bunga yang dipasang pada beberapa bagian teralis pintu. ”Saya suka sesuatu yang sederhana, makanya saya pilih motif teralis yang simpel,” kata dia.

Alasan keamanan juga menjadi pertimbangan warga Jl Merpati BC 1 Kompleks Perumahan Solo Baru, Ken Sunarko, ketika memutuskan memasang teralis besi beton tanpa ornamen pada pintu depan rumahnya.

Sementara pada pintu depan yang satunya, Ken memasang teralis dengan ornamen simpel dari bahan kuningan. Pemilihan teralis berornamen tersebut sengaja dilakukan karena disesuaikan dengan pintu utama rumah yang terbuat dari perpaduan kayu dan kaca patri. ”Teralisnya memang sengaja ditambahi sediki ornamen agar serasi dengan pintu utama yang berornamen kaca patri,” papar dia.

Sementara pemilik Tarsan Las di Jl KH Agus Salim 14, yang menyediakan berbagai macam teralis rumah, Choiril Huda menyebutkan, ada beragam model teralis pintu yang bisa dijadikan pilihan. Model yang bisa ditemukan antara lain motif bunga, daun, lengkungan, garis hingga berbagai bentuk lainnya yang disesuaikan dengan keinginan sang pemilik rumah.

”Biasanya model teralis yang akan dipasang pada pintu rumah disesuaikan dengan selera dan konsep rumahnya. Model yang banyak disukai sekarang ini adalah model lengkung dengan tambahan ornamen bunga,” kata Choiril.Dia juga menambahkan, teralis pintu dari bahan besi tempa warna tembaga saat ini banyak dipilih oleh masyarakat. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS