etsy.com etsy.com

Terrarium, Miniatur Ekosistem Alam

1694 Kali

RUMAH190.COM—Bagi Anda penggemar bercocok tanam di rumah, cobalah tengok tanaman terrarium. Bentuknya yang unik bisa menjadi pilihan mempercantik rumah dengan tanaman itu. Suci Widianingrum, arsitek lansekap, menjelaskan terrarium adalah seni menanam tanaman dalam wadah transparan dengan ukuran terbatas. Kehadiran tanaman ini di dalam rumah juga dapat menambah keindahan dekorasi interior.

etsy.comBeraneka jenis tanaman bisa ditanam dalam wadah terbatas tentu dengan perlakuan yang tentu saja istimewa. “Bukan berarti menyulitkan atau tinggi perawatan hariannya,” kata Wakil Ketua Bidang Litbang Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) itu kepada JIBI, belum lama ini.

Apabila dilihat lebih dekat terrarium akan terlihat layaknya akuarium, hanya media yang digunakan berbeda. Secara umum terrarium tidak memerlukan banyak perhatian tapi yang sangat dibutuhkan hanya air bersih dengan kadar sedikit dan cahaya matahari yang sedikit.

lilabdesign.com

lilabdesign.com

Sebelum membikinnya, menurut Suci perlu dikenali terlebih dahulu jenis terrarium yang bisa dibuat. Pertama, terrarium udara terbuka dengan bagian atas wadah terbuka dan tidak menggunakan penutup sama sekali. Terrarium jenis ini yang paling mudah dibuat dan dirawat.

“Kita dapat membuat dekorasi tanaman dalam terrarium dalam waktu yang sangat singkat, tidak memiliki risiko terserang jamur patogen ataupun bakteri yang merusak kondisi tanaman dikarenakan kondisi lingkungan yang terlalu lembap,” ujarnya.

plantterrariums.ca

plantterrariums.ca

Kedua, terrarium udara tertutup, dengan bagian atas wadah tertutup di semua bagian. Tujuannya guna membuat biosfer unik di dalam terrarium tersebut. Namun terrarium jenis ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih rumit terutama dalam hal pemilihan jenis tanaman, media, dan perlakuan mengatasi jamur patogen.

Bila terrarium dalam ruangan yang kedap cahaya matahari, dianjurkan untuk menggunakan lampu sorot berwarna kemerahan. Selain untuk kebutuhan tanaman, cahaya tersebut dapat menambah gradasi warna pada sebuah sudut pandang dalam ruangan.

Namun perlu diperhatikan ruangan ber-AC akan membuat ruangan menjadi kering, karenanya terrarium di ruang ini harus disiram lebih sering. “Jika tertarik, masukkan binatang kecil ke terrarium,” ujarnya.

 

Perawatan

Mengenai perawatan, Suci menjelaskan penyiraman terrarium disarankan menggunakan hand sprayer agar desain tanaman tidak rusak karena percikan air. Bagi terrarium tertutup sebetulnya cukup dilakukan satu kali ketika terrarium tertutup tersebut dibuat. Sebab setelah itu siklus hidrologi akan terjadi dengan sendirinya, sehingga kelembapan dalam terrarium tetap terjaga.

pinterest.com

pinterest.com

Adapun terrarium terbuka disiram setiap empat hari sekali dengan volume  air diberikan secukupnya. Sebab jika terlalu menggenang akar tanaman mudah busuk dan lambat laun tanaman dalam terrarium akan mati. Selain penyiraman, terarium perlu pemangkasan.

makezine.com

makezine.com

Agar semakin mempercantik interior rumah, Suci menyarankan terrarium diletakkan di meja ruang tamu, meja teras, dan meja ruang keluarga. Untuk kantor, terrarium bisa diletakkan di meja tamu, meja kasir, meja layanan konsumen, meja kerja hingga meja rapat. Soal ukurannya, disesuaikan dengan besaran meja yang dipakai. Bagi Suci terrarium akan terlihat apik bila menonjol tanpa disandingkan benda lain. (Dika Irawan/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS