void

Tip Perancangan Void

1864 Kali

Kehadiran void di dalam rumah, akan diperoleh suasana ruang yang lebih dari sekadar ruang biasa. Ruangan dengan langit-langit tinggi akan membuat ruang terasa lebih lapang dan bisa memasukkan cahaya alam lebih banyak melalui bukaan atau jendela yang lebih luas.
Demikian juga udara segar bisa lebih leluasa mengalir di setiap ruangan di dalam rumah. Keadaan ini memungkinkan ruangan void ini bisa ditempati oleh banyak orang. Saat acara pertemuan ruangan tidak terasa sesak dan pengap. Dari lantai atas akan didapat view yang menarik ke arah lantai bawah.

Seperti dikutip dari http://www.kompas.com/, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merancang ada tidaknya void di rumah.

Pertama, void memang menjadi penghubung ruang atas dan ruang bawah, dengan demikian juga berarti lantai atas yang biasa dijadikan ruang yang lebih private atau pribadi menjadi berkurang.

Suara dan mungkin juga pandangan, bisa menembus ke lantai atas. Ruang atas dan ruang bawah akan saling terganggu. Jadi harus diperhatikan ruang-ruang apa saja yang di atas maupun yang di bawah yang akan terhubungkan oleh void. Hindari, umpamanya, ruang tamu di bawah berhubungan dengan ruang keluarga di atas.

Kedua, perlu diingat juga bahwa dengan adanya void, tingkat keamanan ruang atas bergantung pada tingkat keamanan ruang di bawah.

Ketiga, void memang tidak mengurangi volume ruang dalam dari rumah, tetapi jelas akan mengurangi luasan ruang atas.

Jadi, kalau ukuran rumah tidak terlalu besar, sebaiknya ukuran void juga jangan terlalu besar atau malah harus dipertimbangkan lagi keberadaannya.

Keempat, untuk efisiensi, biasanya void disatukan dengan ruang tangga, atau bahkan void adalah ruang tangga yang diperbesar. Kalau konsepsinya ini, maka tangganya pun harus sedikit istimewa karena tangga akan menjadi elemen penghias ruang atau menjadi fokus dari tata ruang dalam.

Kelima, void menghasilkan mezanin yang kadang disebut juga balkon. Balkon ini membutuhkan railing (pagar) yang kokoh dan cukup tinggi untuk keselamatan. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS