Untuk menciptakan suasana yang sejuk sebaiknya hindari material batako saat membangun rumah./dok. Untuk menciptakan suasana yang sejuk sebaiknya hindari material batako saat membangun rumah./dok.

Tips Agar Rumah Tidak Sumpek

166 Kali

RUMAH190.COM–Rumah-rumah sederhana biasanya mempunyai luas bangunan dan lahan yang terbatas. Terkait dengan luas bangunan, perlu strategi tersendiri agar penataan tidak terkesan sumpek.

Jalan pintas yang biasa dilakukan adalah merenovasi rumah dengan menghabiskan sisa lahan yang ada.

Namun demikian ada cara lain tanpa harus mengubah total bentuk bangunan rumah. Menurut pakar desain interior dari Universitas Sahid Surakarta, R Kusbimantoro, prinsipnya rumah sederhana itu memerlukan bukaan yang cukup untuk sirkulasi udara, jika perlu membuka plafon salah satu ruangan.

Biasanya rumah tipe sederhana, kata Kusbimantoro, menggunakan plafon eternit atau gypsum dan ketinggiannya dibuat sama antara ruang yang satu dengan ruang yang lain sehingga menyebabkan suasana menjadi sumpek. ”Padahal dengan menggunakan eternit sebenarnya tidak mengatasi masalah, justru membuat sirkulasi udara jadi panas sehingga menimbulkan kesan sumpek tadi. Apalagi dinding rumahnya menyatu dengan dinding tetangga,” lanjut Kusbimantoro.

Oleh karena itu perlu dilakukan sedikit renovasi, salah satunya dengan membuka plafon eternit. ”Bisa juga dengan membuat loteng di salah satu ruangan, misalnya di ruang tamu agar sirkulasi udaranya lebih lancar dan ruangan menjadi sejuk,” ungkapnya.

Selain itu pemilihan perabot juga penting dilakukan, karena mempengaruhi luas ruangan. ”Oleh karena itu pemilihan perabot sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan luas ruangan, seperti meja kursi simpel yang tidak terlalu panjang dipadu dengan perabot yang multifungsi, sehingga bisa menghilangkan kesan penuh,” ujarnya sembari menambahkan sebaiknya menghindari penempatan sofa yang panjang karena suasana akan menjadi lebih sumpek.

Strategi lain yang bisa diambil, dengan memberikan pembatas imajiner antara raung satu dengan ruang lain. ”Antara lain dengan memberikan pembatas imajiner dari tirai kerang atau dengan membuat ketinggian lantai yang berbeda antara ruang tamu dengan ruang keluarga,” jelas Kusbimantoro.

Bisa juga disiasati dengan menempatkan pintu sliding yang berbentuk ringan sebagai pembatas ruangan.

Ditambahkan Kusbimantoro, pada rumah tipe sederhana ada yang menggunakan material batako karena menyesuaikan dengan harga rumahnya, namun ada juga yang menggunakan material batu bata merah. ”Untuk menciptakan suasana yang sejuk sebaiknya hindari material batako saat memilih rumah, sebaiknya cari rumah dengan material batu bata merah karena lebih sejuk. Kalau batako memang praktis tapi terasa panas,” tambahnya. – ema

RELATED POST FOR CATEGORY

Uncategorized

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS