mengecat

Tips Dinding Rembes : Ganti Cat Hingga Pakai Waterproof…

4883 Kali

RUMAH190.COM–Tembok yang penuh dengan rembesan air memang cukup mengganggu. Selain mengganggu estetika rumah, struktur tembok yang seharusnya dapat bertahan lama akhirnya cepat rusak. Namun demikian, jangan khawatir karena ada teknik-teknik untuk memperbaiki. Dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Kusdiman Joko ST memberikan solusi untuk rembesan yang berasal dari air hujan. ”Kemungkinan besar, air hujan dapat merembes ke badan tembok karena cat dan aci yang tersebar kurang rata, itu berarti proses pengecatannya tidak tepat,” terang Kusdiman.

Untuk mengatasinya, harus mengampelas cat dan aci yang ada. Kemudian, menyiram seluruh dinding hingga basah. Tunggu beberapa hari hingga permukaannya benar-benar kering. Setelahnya Anda baru dapat melapisi permukaan dengan aci yang baru kemudian tumpuk olesan aci dengan plamir sampai kering. Setelah itu baru bisa mengecat tembok dengan lebih baik.

Sedangkan jika kesalahan terjadi pada konstruksi sloof dan tra sram pemasangan risban dari keramik pada bagian paling bawah tembok dapat sedikit membantu masalah itu walaupun membongkar sloof lebih berhasil. Air yang digunakan saat mengomposisi spesi pasangan (adonan semen, pasir dan kapur) juga memengaruhi hasil pemasangannya. Ia menyarankan pemilik rumah memilih air yang bersih tak berwarna dan tak berbau digunakan untuk mencampur berbagai bahan material.

Di sisi lain, distributor pabrikan cat Indonesia Mowilex cabang Yogyakarta, Edward memiliki solusi lain untuk masalah air yang merembes di tembok.

”Banyak pemilik rumah yang enggak sabar menunggu kering plamir dan aci. Masih basah tetap dicat. Akibatnya cat kurang meresap dengan baik,” ujar Edward. Bagi yang ingin melakukan pengecatan dengan cepat, Edward memberi alternatif penggunaan aci siap pakai.

Dengan pemakaian aci siap pakai, jadi tidak perlu digunakan plamir melainkan langsung dicat. Setelah di-aci, tembok langsung dicat dengan cat dasar lalu cat pilihan sesuai selera. Cara lain yang dapat digunakan untuk menyiasati merembesnya air ke tembok adalah dengan mengoleskan cairan waterproof sebelum di-aci.

Waktu pengecatan pada saat cuaca cerah dan kering dapat membantu untuk mendapatkan hasil pengecatan yang baik.  (m47)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS