Gunakan timer untuk mengurangi penggunaan yang tidak diperlukan. Jangan lupa bersihkan filter satu kali setiap bulan. Di samping efektif juga mengurangi alergi./pinterest.com Gunakan timer untuk mengurangi penggunaan yang tidak diperlukan. Jangan lupa bersihkan filter satu kali setiap bulan. Di samping efektif juga mengurangi alergi./pinterest.com

Tips Hemat Listrik

240 Kali

RUMAH190.COM–Menghemat energi berarti menggunakan energi secara efektif sepanjang hari. Bukan berarti mematikan semua peralatan elektronik, termasuk tidak mengaktifkan AC pada siang hari. Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk menghemat energi, untuk sejumlah peralatan elektronik di rumah.

*Untuk AC dan kipas angin.
-Sebaiknya tutup gorden rumah saat cuaca panas, karena makin panas suhu ruangan, semakin besar pula energi yang dikeluarkan AC atau kipas angin. Jika perlu tambahkan awning di depan jendela untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan.
-Selain itu, jika menggunakan AC usahakan ruangan selalu tertutup sehingga dingin dari ruangan tidak menyebar keluar.
-Pilih alat pendingin sesuai dengan ukuran ruangan rumah, jika terlalu besar hanya akan menghabiskan biaya.
-Bila Anda menginginkan ruangan yang tidak terlalu dingin, cukup gunakan AC portable. Selain bisa dipindahkan, juga mengurangi biaya karena listrik yang digunakan tidak terlalu besar.
-Gunakan timer untuk mengurangi penggunaan yang tidak diperlukan. Jangan lupa bersihkan filter satu kali setiap bulan. Di samping efektif juga mengurangi alergi.

*Kulkas

-Atur temperatur kulkas sesuai petunjuk buku panduan. Bersihkan es secara teratur akan sistem pendingin bekerja dengan baik.
-Manfaatkan setiap bagian sesuai fungsinya. Misal di bagian freezer untuk menaruh sayuran.
-Ingat jangan biarkan colokan peralatan elektronik tetap tercolok pada sumber listrik saat tidak dipakai. Selain boros energi, juga bisa merusak peralatan.

Sumber: www.rumah-ku.com  (rif)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS