Agar rapi, pemasangan ubin keramik sebaiknya dimulai dari depan bergerak ke arah belakang./pinterest.com Agar rapi, pemasangan ubin keramik sebaiknya dimulai dari depan bergerak ke arah belakang./pinterest.com

Tips Memasang Ubin Keramik Agar Rapi

1260 Kali

RUMAH190.COM–Memasang ubin keramik, jika tidak dilakukan secara benar bisa pecah sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasangannya membengkak. Untuk itu Anda harus memperhatikan beberapa agar pemasangan ubin keramik rapi.

-Nat. Dulu untuk mengisi batas antara ubin keramik satu dengan ubin keramik lainnya (nat) menggunakan adukan semen. Ternyata itu tidak baik karena memungkinkan tumbuhnya jamur. Sebaiknya gunakan bahan khusus untuk nat (grouting) karena mengandung plimer, sehingga mampu menahan air dan mencegah tumbuhnya jamur. Bahan ini tersedia dalam berbagai warna, sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

-Pemasangan. Agar rapi, pemasangan ubin keramik sebaiknya dimulai dari depan bergerak ke arah belakang. Tujuannya agar ubin keramik yang utuh dipasang di depan, sedangkan potongan ubin keramik dipasang di bagian belakang. Tapi jika Anda ingin memasang dengan pola khusus atau simetris, mulailah pemasangan dari tengah ruangan.

-Agar tak meledak. Sering kali pasangan ubin keramik tiba-tiba terangkat dan pecah dengan suara keras, seolah-olah meledak (popping). Ini biasanya terjadi di lantai dua (atas). Karena pergerakan struktur pada lantai atas lebih besar, sehingga posisi ubin keramik menjadi lebih tidak stabil. Jika dipasang asal-asalan, ubin keramik akan terdorong ke atas dan lepas. Selain itu, muai susut ubin keramik juga menyebabkan popping. Jika ubin keramik memuai dan tidak ada tempat untuk menampung volume muainya, ubin keramik akan terangkat.

Untuk mencegahnya, sisakan sedikit ruang di antara ubin keramik dan dinding saat pemasangan. Bisa juga celah tersebut diisi dengan bahan yang elastis seperti karet atau plastik. Sumber : www.rumah-ku.com (rif)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS