Bila buku sudah hampir kering, segera setrika tiap kertas atau lembar buku dengan setrika yang hangat jangan terlalu Tujuannya untuk mencegah bau apek/www.wikihow.com Bila buku sudah hampir kering, segera setrika tiap kertas atau lembar buku dengan setrika yang hangat jangan terlalu Tujuannya untuk mencegah bau apek/www.wikihow.com

Tips Membersihkan Buku Pascabanjir

1218 Kali

RUMAH190.COM–Banjir datang tiba-tiba sehingga ketika air mulai masuk ke dalam rumah, penghuni rumah akan bergegas menyelamatkan benda-benda berharga ke tempat yang aman. Tapi sering kali, meski sudah ditempatkan di lokasi yang aman, ada saja yang basah terkena air.

Jika yang basah terkena air pas banjir adalah buku dan kertas, Anda bisa melakukan upaya penyelamatan dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

-Pisahkan antara satu buku dengan buku lain, jangan biarkan menempel karena jika sudah kering sulit dipisahkan.

-Jika lembab, Anda bisa menggunakan bedak untuk menyerap air. Caranya tebarkan bedak ke sela-sela buku selama beberapa saat kemudian bersihkan dengan kuas secara perlahan-lahan.

-Bila buku sudah hampir kering, segera setrika tiap kertas atau lembar buku dengan setrika yang hangat jangan terlalu panas. Cara ini untuk buku atau kertas yang memang bisa disetrika, jika tidak jangan dipaksakan. Tujuannya untuk mencegah bau apek.

-Pastikan kertas atau lembaran buku sudah benar-benar kering, sebelum disimpan. Hal ini untuk mencegah timbulnya jamur.

-Buku yang sudah benar-benar kering, sebelum disimpan tutuplah dengan penjepit buku agar lembaran kertas pada buku tidak mengembang terlalu lebar setidaknya bisa mendekati bentuk semula. Bila tidak ada penjepit, maka buku yang terkena air taruh di urutan paling bawah dari tumpukan buku.

-Untuk mencegah hal yang lebih parah, sebaiknya semua data penting pada kertas/buku di fotokopi agar ada cadangan data jika diperlukan.  (rif)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS