Untuk menentukan jenis atap yang akan dipakai harus memperhatikan anggaran, fungsi serta kesesuaian dengan desain rumah/dok. Untuk menentukan jenis atap yang akan dipakai harus memperhatikan anggaran, fungsi serta kesesuaian dengan desain rumah/dok.

Tips Memilih Atap

1015 Kali

RUMAH190.COM–Memilih bahan dan jenis atap sepenuhnya selera pemilik rumah atau bangunan. Ada beberapa jenis bahan atap yang selama telah dikenal luas di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah genteng, sirap, asbes dan atap dari dedaunan.

”Untuk menentukan jenis atap yang akan dipakai harus memperhatikan anggaran, fungsi serta kesesuaian dengan desain rumah. Jangan asal memilih…!” jelas Diana Puspitaningrum ST, arsitek asal PT Adicipta Grabuanatama, Solo,

Diana menerangkan aneka ragam karakteristik jenis atap. Dedaunan jika dipakai untuk menyusun atap relatif lebih murah, namun tidak tahan lama. Untuk desain bangunan tradisional, atap jenis ini memang lebih sesuai misalnya rumah-rumah adat di Bali. Jika pemilik ingin menggunakan daun sebagai komponen atap rumah, sebaiknya atap dilapisi terlebih dulu dengan plastik sebagai penahan air.

Menurut arsitek asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ir Rachmadi Nugroho MT, atap dari daun dipilih karena bernilai artistik tinggi dan memiliki sifat sebagai pendingin di ruang di bawahnya.

Sementara sirap adalah atap yang terbuat dari lembaran kayu. Sirap memiliki kelebihan yakni simpel dan cukup artistik. Asbes yang berasal dari campuran kertas dan semen juga kerap digunakan sebagai atap. Di pasaran, asbes dipakai karena lebih tipis, sehingga lebih ringan. Struktur bangunan akan lebih awet jika atap memiliki bobot ringan.

Tabel karakteristik bahan atap rumah

No. Bahan atap Gaya rumah Kelebihan Kekurangan

1. Dedaunan Tradisional/alami Dingin dan murah Tidak awet

2. Asbes Minimalis Ringan dan murah Mudah pecah dan panas

3. Sirap Tradisional Dingin Mudah bocor

4. Genteng tanah liat Segala jenis rumah Murah, mudah dipasang Mudah jamuran, mudah bocor

5. Genteng keramik Minimalis, modern Awet Berat dan mahal

6. Genteng beton Minimalis, modern Awet Berat dan mahal

7. Genteng Logam Minimalis Ringan presisi Mahal – (m47)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS