Kebutuhan gorden sebagai salah satu elemen pelengkap ruangan telah mendorong terciptanya variasi bentuk dan bahan pembuatannya. Kebutuhan gorden sebagai salah satu elemen pelengkap ruangan telah mendorong terciptanya variasi bentuk dan bahan pembuatannya.

Tips Memilih Gorden

1432 Kali

RUMAH190.COM–Kebutuhan gorden sebagai salah satu elemen pelengkap ruangan telah mendorong terciptanya variasi bentuk dan bahan pembuatannya. Setiap bentuk sedikit banyak mewakili fungsi dan suasana yang hendak dihadirkan si pemilik rumah.

Misalnya untuk menghadirkan suasana romantis di dalam rumah dipergunakan gorden dan vitrage dengan desain berbentuk ”poni-poni” dengan banyak kerutan yang terbuat dari kain. Beberapa jenis gorden yang dikenal di pasaran saat ini antara lain vertical blinds, horizontal blinds, romance blinds, roll blinds, wood blinds dan gorden kain standar.

”Model terbaru yang banyak digemari saat ini yakni romance blinds yang bisa ditutup ke arah horizontal,” ujar Marketing Interior Candi, Hartini. Masing-masing jenis terbuat dari bahan yang berbeda-beda antara lain satin, tenunan, belacu atau mori, batik, lace atau renda, alumunium, kayu dan jenis kain lainnya. Setiap jenis bahan memiliki sifatnya sendiri-sendiri yang berpengaruh terhadap unsur keindahan yang ingin diciptakan.

Gorden maupun vitrage berbahan kain lebih sering digunakan untuk ruang tamu dan keluarga. Sedangkan gorden jenis horizontal blinds yang terbuat dari alumunium biasa ditempatkan di dapur. Hal ini didasarkan pada sifatnya yang mudah dibersihkan.

Selain itu ada juga yang mempertimbangkan jenis bahan yang tidak mudah terbakar. Gorden jenis horizontal blinds dan wood blinds secara umum lebih dikenal dengan istilah kerai yang penempatannya berada di dalam atau luar ruangan.

Lebih lanjut Hartini mengatakan untuk kantor biasanya tirai jenis vertikal blinds lebih sering digunakan daripada jenis lainnya. Desain jenis ini tergolong simpel yakni berbentuk potongan-potongan persegi panjang yang dengan mudah dibuka hanya dengan menariknya. Dari segi harga, setiap jenis bahan memiliki harga yang berlainan. (m49)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS