Kitchen set merupakan salah satu elemen yang ada dalam dapur, khususnya pada dapur dengan desain modern. Untuk menampilkan dapur yang terlihat nyaman dan lebih menawan, dibutuhkan pemilihan kitchen set yang tepat./pinterest.com Kitchen set merupakan salah satu elemen yang ada dalam dapur, khususnya pada dapur dengan desain modern. Untuk menampilkan dapur yang terlihat nyaman dan lebih menawan, dibutuhkan pemilihan kitchen set yang tepat./pinterest.com

Tips Memilih Kitchen Set

287 Kali

RUMAH190.COM–Kitchen set merupakan salah satu elemen yang ada dalam dapur, khususnya pada dapur dengan desain modern. Untuk menampilkan dapur yang terlihat nyaman dan lebih menawan, dibutuhkan pemilihan kitchen set yang tepat.

Mendesain dapur yang nyaman dan menarik sekarang ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Pasalnya, dalam perkembangannya kini dapur tak hanya digunakan sebagai tempat memasak yang identik dengan suasana kotor dan pengap. Saat ini dapur justru menjadi bagian dalam rumah yang penting sehingga didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan tampilan dapur yang bersih, nyaman dan menarik.

Untuk menciptakan dapur yang nyaman dan menawan, khususnya untuk dapur dengan desain modern, diperlukan pemilihan berbagai peralatan dapur yang tepat. Salah satunya memilih desain dan bentuk kitchen set yang tepat dengan menyesuaikan konsep dan luas dapur Anda.

Kitchen set berbentuk L yang terbuat dari kayu jati dengan finishing natural menjadi pilihan Fitri Novita yang berdiam di Perumahan Gentan Asri Deluxe No 24. Ibu tiga orang anak ini mengaku bersama sang suami mendesain sendiri kitchen set tersebut.

”Kami memang sengaja mendesainnya sendiri dengan memilih kayu jati murni sebagai bahan untuk membuatnya. Agar ruangan dapur tak terkesan berat, kami memilih bentuk yang simpel dengan dibubuhi sedikit ornamen ukir pada beberapa bagian,” ujar Fitri saat dijumpai Rumah190.com di kediamannya.

Bongkar pasang

Kitchen set milik Fitri terdiri dari kabinet atau almari atas dengan empat pintu dan almari bawah tiga pintu dan tiga laci. Pada bagian tengah almari atas atau tepat pada bagian sudut, ukurannya dibuat lebih besar dari almari yang berada di samping kanan dan kirinya dengan pintu yang terbuat dari perpaduan bingkai kayu dan kaca.

Almari atas digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan minum dan makan. Tepat pada bagian bawah almari atas dibuat rak kecil sebagai tempat berbagai ornamen dapur. Sementara almari bawah digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan masak dan pada bagian laci digunakan untuk menyimpan kantong-kantong plastik.

Sementara Tita Chris yang tinggal di RT 3 RW 2 Blulukan, Colomadu, memilih kitchen set dengan sistem knock down. Bahan untuk kitchen set terbuat dari partikel board. ”Berhubung suami saya kerap dipindah tugaskan, kami sekeluarga sering berpindah-pindah rumah. Karena itulah kami memilih kitchen set knock down yang mudah dibongkar pasang.”

Kitchen set milik Tita terdiri dari almari atas empat pintu berbentuk L yang diletakkan di atas top table dan sink atau tempat mencuci piring di bagian timur dan almari atas tiga pintu yang dipasang di atas rak piring pada bagian selatan dinding dapur. Tepat di bagian bawahnya ada rak memanjang yang digunakan menempatkan wadah-wadah kecil untuk bumbu dapur.

Kithen set dilengkapi meja yang digunakan untuk meracik bahan makanan dan menempatkan microwave. Meja tersebut diintegrasikan dengan almari tiga pintu yang digunakan untuk menyimpan kue-kue kering dan peralatan makan. ”Kami memilih kitchen set yang bentuknya sederhana dan tanpa ornamen,” kata ibu dua orang anak ini.

Sementara itu, Desainer dan Marketing Executive Metric Kitchen showroom Solo yang berlokasi di Jl Honggowongso 99A, Jelita Puspaningrum ST mengungkapkan, pemilihan kitchen set sebaiknya disesuaikan dengan luas dan konsep dapur rumah. ”Model kitchen set beragam, antara lain berbentuk lurus, L hingga U,” ujar Jelita.

Jelita menambahkan, salah satu bahan pembuat kitchen set adalah plywood yang di-finishing dengan high pressure laminates (HPL). Dia menerangkan, bahan plywood memiliki keunggulan tahan terhadap air dan lembab, memiliki kerapatan struktur dan kekuatan ikatan engsel yang lebih baik jika dibandingkan partikel board dan Medium Density Fiberboard (MDF). (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS