Ruang tamu merupakan cermin wajah dan karakter si penghuni rumah. Lewat ruang tamu, bisa dibaca kepribadian atau kesenangan si pemilik rumah. Oleh karena itu, ruang tamu harus ditata secara apik, bersih dan sesuaikan dengan tema atau suasana yang akan dihadirkan./www.nidahspa.com Ruang tamu merupakan cermin wajah dan karakter si penghuni rumah. Lewat ruang tamu, bisa dibaca kepribadian atau kesenangan si pemilik rumah. Oleh karena itu, ruang tamu harus ditata secara apik, bersih dan sesuaikan dengan tema atau suasana yang akan dihadirkan./www.nidahspa.com

Tips Memilih Perabot Ruang Tamu

343 Kali

RUMAH190.COM–Ruang tamu merupakan cermin wajah dan karakter si penghuni rumah. Lewat ruang tamu, bisa dibaca kepribadian atau kesenangan si pemilik rumah. Oleh karena itu, ruang tamu harus ditata secara apik, bersih dan sesuaikan dengan tema atau suasana yang akan dihadirkan.

Oleh karena itu perlu diperhitungkan pemilihan penggunaan meja kursi tamu. Tentu saja selain sangat bergantung pada selera si pemilik rumah, juga perlu dipertimbangkan beberapa hal, di antaranya model, material dan suasana yang ingin dibentuk. Pilihan dan perpaduan nuansa warna akan menghadirkan suasana ruang tamu yang berbeda-beda.

Menurut Dosen Jurusan Desain Interior Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Drs Rahmanu Widayat MSn, ruang tamu memberikan kesan awal pembawaan sang pemilik rumah. ”Ruang tamu bisa mewakili kepribadian si pemilik rumah,” lanjut Rahmanu.

Oleh karena itu untuk memilih meja kursi tamu perlu dilihat ukuran ruangnya, atmosfer ruang atau tema yang diinginkan dan selera pemilik rumah. ”Pembelian furnitur sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu kecil tidak perlu meja kursi tamu berbentuk sofa,” lanjut Rahmanu.

Untuk rumah yang minimalis sebaiknya memakai meja kursi tamu yang ringan dan dengan gaya modern yang tidak banyak profil. ”Kalau ruangannya besar lebih memiliki keleluasaan di dalam memilih furnitur, termasuk membentuk atmosfer atau suasana yang ingin dibentuk,” kata Rahmanu.

”Selain itu perlu juga dipilih bahan kursi sesuai dengan kebutuhan. Untuk ruang tamu dipilih bahan vynil yang tahan terhadap air dan mudah dibersihkan,” lanjutnya.

Kalau bahan kain cenderung lebih mudah kusut dan sulit dibersihkan jika terkena noda. Oleh karena itu perlu dicari karakteristik kain yang kuat, tidak mudah kusut dan bermotif senada dengan suasana yang akan dibentuk. ”Yang penting harus ada satu kesatuan antara lantai, dinding dan langit-langit atau ada kesatuan warna antara warna kursi dengan lantai atau dinding,” lanjutnya.

Jika tempat dan dana memungkinkan, penggunaan meja kursi bergaya klasik seperti gaya Yunani, gaya Romawi atau yang sering disebut gaya art deco dengan ciri-ciri banyak profil atau ornamen, bisa diwujudkan.

Rumit

Sementara Ny Prasetyo, pemilik toko mebel Bares Asli, Solo menyarankan memilih meja kursi tamu sebaiknya ditentukan bahannya dulu. ”Mau pilih bahan oscar (kulit imitasi) atau kain,” lanjutnya. Kalau bahan oscar perawatannya lebih ringan dan mudah dibersihkan. Lain halnya dengan bahan kain, kalau membersihkan cukup rumit, harus menggunakan penyedot debu dan tidak boleh terkena air.

”Jika ingin memilih bahan kain sebaiknya dipertimbangkan apakah akan ditempatkan di ruang tamu atau di ruang keluarga. Memang bahan kain lebih nyaman dipakai dan sejuk, sehingga banyak yang memilih bahan pelapis dari kain daripada dari kulit imitasi.”

Selain itu perlu juga diperhatikan warna meja tamu, yang idealnya disesuaikan dengan corak lantai atau warna gorden. ”Yang tak kalah penting ukuran ruangan harus dipertimbangkan juga, sehingga bisa menentukan pilihan meja kursi yang akan dibeli,” jelas Ny Prasetyo. Besar kecilnya kursi disesuaikan dengan besarnya ruangan agar memudahkan dalam hal penataan dan juga dalam hal estetika.

”Jika ruangannya kecil sebaiknya pilih meja kursi ukuran yang minimalis. Untuk rumah minimalis kurang cocok jika diberi kursi sofa dengan ukuran yang panjang karena butuh luasan tempat yang banyak.” ( Eri Maryana )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS