Pintu garasi mempunyai fungsi yang cukup penting, tak salah jika memberikan perhatian lebih ketika memilih jenis pintu garasi yang cocok dengan konsep dan desain rumah hunian.http://www.featurefencing.com.au Pintu garasi mempunyai fungsi yang cukup penting, tak salah jika memberikan perhatian lebih ketika memilih jenis pintu garasi yang cocok dengan konsep dan desain rumah hunian.http://www.featurefencing.com.au

Tips Memilih Pintu Garasi

1879 Kali

RUMAH190.COM–Mempercantik desain garasi dalam rumah hunian bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya bisa dilakukan lewat pemilihan pintu garasi yang tepat, sehingga semakin mempermanis rumah Anda. Keberadaan garasi memang tak harus ada di setiap rumah hunian. Meski bisa disebut sebagai ruangan pelengkap, namun akan menjadi ruang yang butuh dihadirkan dalam rumah jika Anda memiliki mobil, motor atau alat transportasi pribadi lainnya. Untuk garasi yang didesain tertutup, pintu garasi menjadi elemen yang penting diperhatikan.

Pintu garasi merupakan elemen yang digunakan sebagai akses keluar dan masuk yang menghubungkan antara garasi dengan carport atau dengan halaman rumah. Mengingat fungsinya yang cukup penting, tak salah jika memberikan perhatian lebih ketika memilih jenis pintu garasi yang cocok dengan konsep dan desain rumah hunian.

Ada beragam faktor yang penting dipertimbangkan ketika memilih pintu garasi, mulai dari bahan yang digunakan, finishing hingga model pintu garasi. Menghadirkan pintu garasi dari bahan kayu jati menjadi pilihan Agus Cahyono yang berdiam di Jl Parangkusumo II, Sondakan, Solo. Bapak empat anak ini menyebutkan pemilihan bahan dari kayu jati berdasarkan alasan karena bahannya kuat dan awet. Agar tidak terlalu banyak memakan tempat, dipilih pintu garasi jenis geser. Ukuran lebar pintu garasinya sekitar tiga meter dengan ketinggian sekitar 2,5 meter. Sementara model pintu garasi didesain sendiri dengan gaya simpel dan minimalis.

Agus menyebut pintu garasinya menggunakan konsep gaya strip melintang. Pintu garasi tersebut dibuat tidak tertutup penuh, modelnya dibuat seperti kisi-kisi dengan bentuk lajur memanjang dengan variasi lubang udara yang cukup lebar.

”Dengan ada lubang angin seperti ini bisa digunakan sebagai tempat sirkulasi udara dan cahaya. Jadi ketika memanaskan mobil tanpa membuka pintu garasi, asap knalpot mobil bisa keluar lewat lubang angin di pintu tersebut. Lewat lubang angin di pintu tersebut juga membuat cahaya bisa masuk meski pintunya tidak dibuka,” ujar Agus ketika berbincang dengan Espos di kediamannya.

Warna cat

Sementara warna cat cokelat dipilih sebagai finishing pada pintu garasi dari kayu jati tersebut. ”Sebenarnya warna aslinya adalah warna kayu dengan finishing melamin, namun karena terjadi kerusakan tekstur kayu maka saya cat dengan warna cokelat yang mirip dengan warna kayu,” ujarnya.

Untuk perawatannya, Agus mengaku secara berkala mengolesi rel dan roda pintu dengan menggunakan vaselin. Perawatan tersebut dilakukan untuk mencegah pintu garasi berderit atau berbunyi ketika digeser.

Sementara keluarga Harley yang berdiam di Puri Gentan Deluxe Asri, Gentan, Sukoharjo, memilih pintu garasi folding gate model akordion. ”Di rumah saya yang sebelumnya pintu garasinya model rolling dari bahan alumunium, namun bahannya kurang kuat. Karena itu untuk rumah yang sekarang dipilih folding gate karena kami memandang bahan ini lebih kuat dan awet,” ujar Nyonya Harley.

Sementara warna pintu garasi tampak kontras dengan warna cat dinding di sekelilingnya. Warna pintu garasinya oranye, sementara cat dinding rumah berwarna biru keabu-abuan. Sementara pemilihan model pintu lipat dipandang tidak memakan banyak tempat dan memudahkan ketika membuka dan menutup pintu garasi.  (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS