Agar kitchen set tampak makin indah, dapat dipasang pencahayaan pada almari atau sudut-sudut tertentu di bawah kabinet atas. /pinterest.com Agar kitchen set tampak makin indah, dapat dipasang pencahayaan pada almari atau sudut-sudut tertentu di bawah kabinet atas. /pinterest.com

Tips Menata Penempatan Kitchen Set

601 Kali

RUMAH190.COM–Model dan bentuk kitchen set mengalami perkembangan dari dekade ke dekade. Kitchen set yang digunakan untuk menyimpan berbagai perabotan dapur kali pertama dikenalkan di Solo pada tahun 1970-an dan terus mengalami perkembangan hingga kini.

Pada sekitar tahun 1990-an, kitchen set diintegrasikan untuk menempatkan alat-alat elektronik seperti untuk menempatkan mesin cuci piring, oven, microwave dan penghisap asap. Dosen Program Studi Desain Interior Universitas Sahid Surakarta (Usahid), R Kusbimantoro Setyojati SSn mengatakan, memasuki era milenium, kitchen set mulai diintegrasikan untuk menempatkan berbagai perabotan dapur yang serba digital dan material yang dipakai sudah mulai menggunakan kaca dan plywood.

Sementara top table (meja yang berada di atas kabinet bawah) banyak yang menggunakan bahan formatop atau sejenis granit sintetis. Dia mengatakan kelebihan bahan ini kedap air dan bisa dikreasikan dengan bentuk arsitektur atau divariasikan dengan bahan lainnya, seperti kayu yang dipasang di tengah sebagai aksen.

Kusbimantoro menjelaskan kitchen set pada dasarnya terdiri dari kabinet (almari) atas dan almari bawah serta dapat diintegrasikan dengan tempat khusus untuk menempatkan berbagai peralatan memasak, seperti untuk menempatkan oven, kompor, almari es, penghisap asap, sink (tempat mencuci piring) dan sebagainya.

Ada pula kitchen set yang dilengkapi dengan meja yang diletakkan di tengah ruangan dapur atau yang kerap disebut island. ”Namun harus diingat, sebaiknya jarak peletakan island dengan top table minimal 76,2 sentimeter untuk sirkulasi orang-orang yang melewatinya,” ujar Kusbimantoro saat dijumpai Rumah190.com di ruang kerjanya.

Agar kitchen set tampak makin indah, dapat dipasang pencahayaan pada almari atau sudut-sudut tertentu di bawah kabinet atas. ”Untuk semakin menonjolkan arsitektur furnitur, dapat dipasang lampu spot halogen pada kabinet yang memiliki pintu kaca . Dengan tambahan pencahayaan ini akan semakin membuat kitchen set menjadi lebih menarik,” kata Kusbimantoro.

Pada bagian bawah kabinet atas dapat dipasang lampu neon untuk menerangi top table yang ada di bawahnya. Untuk menghasilkan efek dingin, dapat dipasang lampu neon berwarna biru di bawah kabinet bawah yang diarahkan ke sink. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS