dulux dulux

Tips Mengecat Dinding agar Awet dan Indah

599 Kali

Menghadirkan suasana baru di tempat hunian atau rumah, salah satunya bisa dengan mengganti warna cat lama dengan yang baru. Tentu pemilik rumah tetap mempertimbangkan warna cat yang jadi tren pada 2017.

Menurut Satria, karyawan Toko Cat Warna Abadi, dan Nori, pengelola Toko Cat Makmur Jaya, selain warna cat, yang harus dipersiapkan adalah dinding.

Pertama, jika dinding yang akan dicat merupakan dinding baru dan belum pernah dicat, sebaiknya tunggu hingga lapisan semen benar-benar kering. Jika masih basah, cat tidak bertahan lama sebab dinding masih lembab dan tidak menutup kemungkinan ada rembesan air.

Kedua, Jika ada retakan rambut, segera tutup dengan plamir. Hanya bagian yang retak, tak perlu semuanya. Jika diplamir semua, cat hanya menempel pada plamir.

Ketiga, setelah bagian yang retak ditutup dengan plamir, segera lapisi dinding dengan cat dasar warna putih. Tunggu sampai benar-benar kering, baru dicat dengan warna pilihan. Pengecatan bisa dilakukan dua kali, ada juga yang lebih dari itu untuk mendapatkan warna yang lebih tajam.

Keempat, untuk dinding lama yang sudah ada catnya sebaiknya dibersihkan dulu cat yang lama dan diamplas hingga halus. Setelah bersih, lapisi dinding tersebut dengan siler semacam cat dasar yang juga bisa berfungsi menutup retak rambut pada dinding.

Kelima, setelah lapisan siler kering barulah dinding siap dicat dengan warna baru sesuai keinginan pemilik rumah dan menyesuaikan tren warna cat. (Arif Fajar S./JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS