Peralatan dari perak perlu perawatan yang benar agar perabot perak milik Anda tidak berubah kusam dan karatan/ehow.com Peralatan dari perak perlu perawatan yang benar agar perabot perak milik Anda tidak berubah kusam dan karatan/ehow.com

Tips Perawatan Perabot Perak

483 Kali

RUMAH190.COM–Perabot rumah tangga dari perak banyak dikoleksi sebagai peralatan makan dan hiasan. Namun peralatan dari perak perlu perawatan yang benar agar perabot perak milik Anda tidak berubah kusam dan karatan. Berikut beberapa tips perawatan agar perabot perak Anda tetap berkilau dan tahan lama;

1. Peralatan makan dari perak sebaiknya segera dicuci dengan air sabun hangat. Kemudian gosok perlahan dengan spons lembut, bilas dengan air bersih dan segera dikeringkan.

2. Jangan pernah membiarkan perabot makan dari perak kotor terlalu lama, apalagi setelah dipakai untuk menyajikan makanan yang mengandung cuka, belerang dan garam. Karena lapisan luar logam perak akan menjadi korosi jika tidak segera dibersihkan.

3. Merendam terlalu lama juga tidak dibenarkan, apalagi di dalam air sabun cuci yang kandungan sodanya tinggi. Ini akan menyebabkan kilau perak pudar.

4. Lakukan perawatan berkala setiap satu tahun sekali. Caranya dengan menggosok dengan kain katun yang sudah dibasahi dengan silver polish. Hentikan gosokan setiap kain yang digunakan terlihat kotor, ganti dengan kain baru, lakukan sampai perabotan benar-benar bersih dan bersinar.

5. Jika ada noda karat yang sukar dihilangkan di perabot perak, sebaiknya jangan dikerok dengan benda tajam. Gosok dengan cairan penghilang noda khusus untuk logam, lakukan sampai noda benar-benar hilang.

6. Ketika menyimpan perabotan dari perak jangan saling bersentuhan langsung. Sebaiknya masing-masing perabotan dibalut dengan kain lembut/beludru, agar tidak saling menggores. Jika akan di simpan lama, pastikan kalau perabot benar-benar dalam kondisi bersih dan kering, karena sisa air akan meninggalkan bercak yang sulit dihilangkan.

Sumber: budiboga.blogspot.com – rif

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS