Perawatan rutin terhadap Air Conditioner (AC) perlu dilakukan secara berkala seperti setiap empat bulan sekali agar keinginan menikmati udara dingin dari AC selalu terjaga./dok solopos Perawatan rutin terhadap Air Conditioner (AC) perlu dilakukan secara berkala seperti setiap empat bulan sekali agar keinginan menikmati udara dingin dari AC selalu terjaga./dok solopos

Tips Rumah : Agar AC Anda Tidak Berbau

1509 Kali

RUMAH190.COM–Perangkat pengusir udara panas dalam ruangan, ada kipas angin dan air conditioner (AC).Sekarang ini harga AC cukup terjangkau, sehingga banyak pemilik rumah memasang perangkat tersebut di tempat tinggalnya.

Tinggal memencet tombol pada remote, Anda tinggal memilih apakah ruangan dibikin dingin atau sejuk. Namun keinginan menikmati udara dingin dari AC akan terganggu jika tiba-tiba muncul bau tak sedap dari perangkat tersebut.

Kenapa tiba-tiba AC mengeluarkan bau tidak sedap yang cukup mengganggu. Penyebabnya ada beberapa hal antara lain, penggunaan spray(hair spray/body spray), bedak atau kosmetik yang partikelnya dapat terbang masuk ke dalam evaporator AC dan tertimbun di sana. Sehingga menyebabkan kumpulan jamur yang menimbulkan bau tidak sedap. Jamur yang sudah melekat tidak mudah hilang jika hanya dicuci dengan air saja, harus dengan cairan tambahan agar jamur tersebut hilang.

Bau tak sedap, bisa juga disebabkan ada bangkai binatang (kecoa, cecak hingga tikus kecil), atau kencing tikus pada bagian elektrik. Binatang kecil ini biasanya masuk saat AC mati, dan pada saat AC menyala binatang mati tersetrum. Padahal bagian ini tidak boleh terkena air sehingga luput dari pembersihan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan, mencuci ulang AC dengan menggunakan cairan tambahan dan diberi pengharum yang digantung di luar AC.

Jika langkah di atas tidak berhasil, turunkan AC dari tembok (dilakukan oleh teknisi) dan bongkar unit tersebut lalu dicuci bagian demi bagian dengan bersih.

Bila AC yang Anda miliki masih dalam masa garansi, bisa juga melakukan komplain kepada produsen. Sumber : www.rumah-ku.comĀ  (rif)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS