Granit buatan lebih tahan daripada granit alam, karena proses pembuatannya dilakukan dengan pemanasan temperatur tinggi./dok Granit buatan lebih tahan daripada granit alam, karena proses pembuatannya dilakukan dengan pemanasan temperatur tinggi./dok

Ubin Granit Lebih Awet

4745 Kali

RUMAH190.COM–Pergantian cuaca yang ekstrem akan memengaruhi kualitas ubin yang terbuat dari keramik. Nah, jika ingin lebih awet pilih ubin dari granit, yang relatif lebih tahan terhadap cuaca. Selain menghadirkan kesan natural, granit bisa menimbulkan hawa dingin di dalam ruang sehingga akan lebih menyegarkan.

Menurut pejabat marketing UD Hasil Alam, Solo, Henry Kurniawan, ubin keramik dipilih karena harganya lebih murah, pemasangannya mudah dan motifnya selalu mengikuti tren. ”Padahal dari kualitas granit lebih bagus. Granit buatan misalnya granito lebih tahan gores, lebih tahan lama jika dibandingkan dengan keramik. Meskipun harganya lebih mahal,” ujar Henry.

Untuk diketahui harga keramik per meter persegi Rp 35.000 sedangkan granito harganya mencapai Rp 150.000 per m2. ”Granit lebih tahan cuaca dibandingkan marmer. Marmer kalau kena air hujan warnanya bisa sedikit kusam dan gampang keropos karena sifatnya yang lebih rapuh daripada granit yang memiliki kekerasan tinggi,” ungkap Henry.

Dijelaskan oleh Henry, granit terbuat dari komposisi pasir silikon, tanah liat dan pewarna. Sedangkan keramik, komposisinya hanya terdiri dari pasir, tanah liat dan pewarna. ”Granit buatan lebih tahan daripada granit alam, karena proses pembuatannya dilakukan dengan pemanasan temperatur tinggi. Sedangkan keramik, proses pembuatannya dipanaskan dengan temperatur yang lebih rendah,” lanjutnya.

Selain itu, granito teksturnya homogen dari depan sampai belakang, dengan ketebalan satu sentimeter sampai satu setengah sentimeter. ”Kalau keramik mengkilapnya hanya di permukaan saja, bagian belakangnya masih terlihat tanah liatnya dengan ketebalan beberapa milimeter,” ujar Henry.

Kecenderungan orang memilih granito atau granittle juga dibenarkan oleh Sofi Setyawati, pemilik Galeri Keramik Fagetty, Solo. Menurut Sofi, selain harganya relatif terjangkau, granittle perawatannya lebih mudah daripada keramik karena sifatnya yang anti gores. ”Seperti di mal-mal dan perkantoran yang berhubungan langsung dengan publik biasanya menggunakan granittle karena perawatannya lebih mudah dan tahan terhadap gores. Bayangkan jika ubin lantainya tidak tahan gores, pasti sudah banyak goresan sepatu-sepatu hak tinggi,” ungkapnya. Selain itu ukuran granittel yang standar 60 cm x 60 cm memudahkan orang untuk menata ruangan. ( ema )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS