Jendela erat kaitannya dengan estetika dan keindahan interior ruangan. Ukuran daun jendela idealnya 1/10 luas lantai./www.kontraktoryogyakarta.com/ Jendela erat kaitannya dengan estetika dan keindahan interior ruangan. Ukuran daun jendela idealnya 1/10 luas lantai./www.kontraktoryogyakarta.com/

Ukuran Daun Jendela Ideal

507 Kali

RUMAH190.COM–Jendela memiliki fungsi untuk sirkulasi udara dan celah masuknya cahaya ke dalam rumah. Tak hanya itu, jendela erat kaitannya dengan estetika dan keindahan interior ruangan. Ukuran daun jendela idealnya 1/10 luas lantai.

Jenis jendela beragam, mulai dari jendela dengan engsel atas, jendela swing dengan engsel samping, jendela sliding atau geser dan jendela dengan engsel bawah. Dosen Program Studi Desain Interior Universitas Sahid Surakarta (Usahid), R Kusbimantoro Setyojati SSn mengatakan, pada dasarnya jenis jendela sama seperti jenis pintu rumah.

Saat ini, sambungnya, juga dapat ditemui jendela putar dengan satu engsel yang terletak di tengah-tengah atau pada poros antara dua daun jendela. Dengan memakai engsel kupu-kupu di poros yang menghubungkan antara dua daun pintu membuat daun jendela dapat dilipat ke tengah. ”Sementara untuk jendela swing ada yang memakai satu daun jendela dan ada yang memakai dua daun jendela,” jelasnya.

Kusbimantoro menyebutkan, daun jendela yang sering digunakan masyarakat terbuat dari kayu, alumunium, dan kaca bertulang kayu. Untuk daun jendela dari alumunium biasanya dipadukan dengan karet yang dipasang pada pinggiran daun jendela. ”Pemasangan karet pada alumunium untuk meredam suara deritan daun pintu,” ujar Kusbimantoro.

Sementara itu, jendela yang sekarang ini populer adalah kaca bertulang atau kaca yang dikombinasikan dengan frame yang terbuat dari kayu. Jenis jendela seperti ini banyak digunakan pada rumah bergaya mediterania dan rumah minimalis. Ada pula rumah minimalis yang menggunakan daun pintu dari kaca tanpa frame, di mana kaca dipasang langsung pada kusen jendela.

Kusbimantoro menambahkan, untuk rumah dengan konsep natural dengan tanpa memasang pendingin ruangan di dalam rumah, biasanya menggunakan daun jendela jalusi atau berupa kisi-kisi. Daun jendela semacam ini membuat udara masuk dengan bebas tanpa harus membuka jendela. Untuk menambah estetika ruangan, dapat pula dipilih daun jendela bergaya anyaman yang memiliki celah-celah kecil sebagai sirkulasi udara dan cahaya.

Kusbimantoro menambahkan, untuk alasan keamanan, jendela biasanya dilengkapi dengan pemasangan teralis. ”Bentuk teralis jendela bermacam-macam, biasanya motifnya disesuaikan dengan desain interior rumah,” ujarnya. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS