denahrumahminimalis.info denahrumahminimalis.info

Variasi Tiang Rumah Bikin Tambah Gagah

8578 Kali

RUMAH190.COM Mendirikan rumah selalu dilakukan sesuai dengan selera pemilik. Termasuk soal tiang rumah, bisa model konvensional permanen kotak, bundar ataukah bernuansa alami dengan memakai bahan baku kayu. Bentuk tiang tersebut akan menambah keanggunan rumah tersebut. Tiang berfungsi sebagai penyangga struktur bangunan yang berada di bagian atas, yakni kerangka berikut atapnya. Tanpa tiang, mustahil sebuah rumah akan berdiri dengan kokoh. Sesuai dengan fungsinya sebagai menyangga rumah, maka tiang harus terbuat dari bahan yang kokoh. Pada zaman dahulu, masyarakat Jawa mendirikan rumah berbentuk Joglo yang ditopang dengan kayu Jati. Pada saat itu kayu Jati mudah didapat dan pilihan kualitasnya sangat banyak.

Pada perkembangannya, seiring dengan kemajuan zaman, rumah Joglo mulai ditinggalkan. Bahan baku kayu semakin sulit didapat karena semakin berkurangnya lahan hutan sebagai sumber kayu. Pada zaman sekarang rumah pun berbentuk modern. Tiang penyangga terbuat dari beton berkerangka besi dengan maksud kekuatannya bisa diperhitungkan. Kelebihan lain dengan memakai tiang beton ini adalah bisa dibuat sesuai kebutuhan, awet dan kokoh serta secara ekonomis biaya pembuatan tiang beton cukup bersaing dibandingkan dengan bahan kayu.

Jika dilihat dari tempatnya, tiang penyangga ini ada yang tidak tampak dari luar karena menyatu dengan penyekat atau dinding. Ada juga tiang yang tampak dari luar, misalnya tiang untuk penyangga teras. Manajer Teknik PT Sempulur Jatimulyo di Jalan Lawu Raya 98, Karanganyar, Sukamto mengatakan, pada prinsipnya dalam membuat tiang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk bangunan yang ”berat” harus dibuat tiang yang kuat. Sebaliknya, untuk bangunan atas yang relatif ringan, tiang dapat dibuat dengan bahan yang sederhana.

Setelah fungsi sebagai penyangga sudah terpenuhi, maka tiang yang tampak dari luar atau terlihat orang lain, dapat diberi ornamen untuk memenuhi fungsi estetika. Karena keindahan bisa membangkitkan rasa tidak jenuh dan menyenangkan tersebut tidak bisa dikesampingkan.

Diberi ornamen

Dalam memberi sentuhan pada tiang, pemilik rumah tentunya juga menyesuaikan dengan ruang atau tempatnya. ”Yang utama adalah fungsi tiang sebagai penyangga. Pada tiang yang dibuat sendiri, sekarang ini setelah dibuat diberi sentuhan dengan memberikan ornamen sesuai selera,” kata dia.

Saat ditemui Espos di kantornya beberapa waktu lalu Sukamto, menambahkan bahwa tidak ada batasan khusus dalam memberikan ornamen pada tiang. Yang penting adalah jangan sampai ornamen itu bertentangan dengan lingkungan di sekitarnya.

Pada perumahan modern, banyak dijumpai tiang yang diberi ornamen batu alam di bagian bawah. Memang, batu alam selain mudah didapat, warna batu alam tersebut mudah disesuaikan dengan warna cat. Seperti yang dilakukan oleh Ny Sudarno, warga Badran Baru, Papahan, Karanganyar. Dia memilih batu alam berwarna kuning kecokelatan agar padu dengan dinding rumah yang berwarna krem. Potongan batu alam dipasang setinggi sekitar 60 cm dari lantai.

Sementara pada tiang bagian atas, pemilik membuat variasi bentuk prisma memanjang dari atas hingga bawah di setiap sisinya. Dengan semen timbul dan diberi warna kontras, diharapkan ornamen itu kian menghilangkan kesan bahwa tiang penyangga rumah sangat kaku.

Warga Badran Baru itu mengatakan bahwa sentuhan ornamen-ornamen itu sengaja dibuat untuk menghilangkan kesan kaku. ”Ya dibuat sederhana saja, yang penting kelihatan tidak seperti tiang penyangga yang kaku,” kata dia.  ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS