http://www.hargamaterial.xyz http://www.hargamaterial.xyz

Wallpaper Tak Sekadar Pelapis Dinding

852 Kali

RUMAH190.COM Penggunaan wallpaper sebagai bagian interior rumah tempat tinggal ternyata belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Solo. Padahal dari segi kepraktisan, penggunaan wallpaper dapat menjadi alternatif pendukung estetika ruangan. Banyak pemilik rumah, yang hanya memanfaatkan wallpaper sebagai pelapis dinding ruangan. Padahal dari segi kepraktisan dan kemudahan perawatan wallpaper lebih mudah diaplikasikan dibanding cat dinding.

Seperti yang dilakukan keluarga dr Daniel yang bertempat tinggal di daerah Ledoksari, Jebres, Solo. “Di rumah kami memang menggunakan wallpaper, namun hanya dipasang di kamar tidur, sementara ruangan lain masih menggunakan cat biasa,” jelas Sasa, anak dr Daniel.

Penggunaan wallpaper justru lebih banyak diterapkan di Salon Mellisa Hair and Beauty Clinic milik keluarga dr Daniel. Menurut Sasa, pengaplikasian wallpaper pada ruang-ruang di Salon mereka dimaksudkan untuk memberi nuansa kalem dan natural pada ruangan. Pemasangan wallpaper juga untuk mendukung dekorasi ruangan Salon sehingga memberi kenyamanan pada pengunjung.

Alasan lain menggunakan wallpaper pada ruangan, sebutnya lagi, tak lain lantaran unsur kepraktisan karena dukungan pola pada wallpaper. “Pattern (pola) wallpaper sudah langsung memberi ornamen pada ruangan. Bayangkan kalau dengan cat biasa, kita kan membutuhkan tenaga, waktu dan biaya khusus untuk membuat ornamen pada dinding. Jadi kalau dihitung-hitung dan dibandingkan dengan nilai estetikanya, penggunaan wallpaper lebih hemat dan praktis,” terang Sasa.

Sasa sendiri tak mengetahui secara khusus bagaimana cara pemasangan dan tips merawat wallpaper. namun ia memastikan perawatan wallpaper tidak terlalu sulit. Ia mengaku baru mengganti wallpaper bila ada kerusakan. Itu pun makan waktu bertahun-tahun, dengan kata lain, tanpa perawatan khusus pun, wallpaper bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Saya lebih suka mengaplikasikan wallpaper pada kamar tidur ketimbang cat, selain bisa menonjolkan suasana yang berbeda, pengunaan wallpaper juga cocok untuk dinding kamar tidur saya yang cenderung lembab,” imbuh Marda, kakak Sasa.

Beragam jenisnya

Kendati pengaplikasian wallpaper untuk tempat tinggal di Solo belum terlalu banyak, tak sedikit pula toko yang menyediakan wallpaper dari berbagai jenis, motif dan merek. Salah satunya adalah toko wallpaper Beta Jaya yang terletak di kawasan Purwosari. Selain menyediakan berbagai alat dekorasi seperti karpet dan beberapa aksesori dekorasi lain, toko ini juga menyediakan beberapa jenis wallpaper.

“Peminat wallpaper di Solo memang belum terlalu tinggi, tapi hampir setiap bulan ada saja peminat wallpaper yang datang,” ujar Warti dari toko wallpaper Beta Jaya. Ditambahkan dia, sebagian besar pelanggan membeli wallpaper bertekstur untuk diaplikasikan di kamar tidur.

Pemanfaatan wallpaper tak melulu harus diaplikasikan untuk kamar tidur, semuanya bergantung pada selera. Anda juga bisa memanfaatkan wallpaper di ruangan lain seperti ruang tamu atau ruang bersantai. Motif dan jenisnya pun dapat disesuaikan dengan selera, Anda yang menyukai ruangan dengan nuansa klasik mungkin bisa memilih wallpaper bertekstur dari holiday series dan luxury mansion yang koleksinya didominasi warna-warna alam yang lembut. Atau bila anda ingin dinding ruangan bernuansa ceria dengan motif-motif sederhana berwarna pastel tak ada salahnya coba mencari pilihan dari wallpaper edisi stylish home series.

Harga per rol juga beragam, sebut saja untuk stylish home series dihargai Rp 275.000 per rol, sementara itu untuk holiday series dijual seharga Rp 175.000 per rol. Sedangkan untuk edisi luxury mansion, anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 375.000 per rol. Satu rol rata-rata memiliki panjang sekitar 10 meter. Aneka pilihan wallpaper juga bisa Anda temukan di Toko Gajah di kawasan Ketandan, Solo.

Jika Anda berminat menghias ruang tidur anak dengan wallpaper, ada juga wallpaper Disney dengan motif tokoh kartun Disney. Harganya berkisar antara Rp 190.000 hingga Rp 250.000 per rol, bergantung pada motif wallpaper dan jenisnya. Jadi mengapa tak mencoba mengaplikasikan wallpaper untuk mempercantik interior rumah Anda, dengan sedikit kreativitas, ruangan Anda bisa lebih dinamis tanpa perlu menampilkan furnitur yang sophisticated. Jadi kini saatnya memberi tampilan berbeda pada rumah Anda.  ( Esmasari W )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS