Setiap pemilik rumah, harus waspada dan mempersiapkan sedini mungkin sistem antisipasi kebakaran./dok SOLOPOS Setiap pemilik rumah, harus waspada dan mempersiapkan sedini mungkin sistem antisipasi kebakaran./dok SOLOPOS

Waspadai Ancaman Kebakaran Rumah

1502 Kali

RUMAH190.COM–Bicara tentang keamanan rumah, sebenarnya tidak melulu memperbincangkan keamanan terkait pencurian atau perampokan yang kerap mengintai rumah-rumah tinggal. Satu hal yang sering dilupakan adalah bahaya kebakaran. Setiap pemilik rumah, harus waspada dan mempersiapkan sedini mungkin sistem antisipasi kebakaran.

Pakar arsitektur dari Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Rully ST MT mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, pemilik rumah harus memperhatikan beberapa hal.

Dari segi arsitektur, Rully menyarankan membangun rumah dengan sirkulasi udara yang cukup. Hal itu bisa diusahakan dari keberadaan jendela dan lubang-lubang ventilasi lain.

”Tinggi rumah pun seharusnya didesain secara matang sebelum membangun. Salah satu yang terpenting adalah desain dapur. Kompor sebaiknya ditempatkan di ruang yang dekat dengan ruang sirkulasi udara. Jika dapur tidak memungkinkan berhadapan langsung dengan udara bebas, maka sediakan alat pengumpul asap kompor,” terang Rully.

Selain hal tersebut, ia juga menyarankan pemilik rumah untuk menyediakan alat pemadam kebakaran kecil (fire hydran) di rumah.

Sementara itu, Debora, 37, pemilik rumah di Jl Teratai 5, Mangkubumen Wetan, Solo, memiliki cara tertentu untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Salah satunya adalah dengan mengkontrol kabel listrik. Debora yang telah menghuni rumah tersebut selama 17 tahun mengaku selalu mengecek kabel-kabel listrik di rumahnya setidaknya sepekan sekali.

”Rumah saya penuh dengan barang-barang dagangan. Meskipun kerap dibersihkan, tikus pasti merajalela jadi mengkontrol keutuhan kabel listrik menjadi hal penting,” ungkap Debora yang tinggal bersama suami dan saudaranya.

”Kebakaran merupakan bencana yang tidak terduga. Kalau melihat kejadian-kejadian yang ada, musibah tersebut biasanya karena keteledoran pemilik rumah atau masalah listrik.”

Debora menambahkan, dirinya juga selalu mengkontrol keadaan kompor dan beberapa alat elektronika yang ada di rumah sebelum pergi.

Untuk hunian sederhana, Rully menyarankan cukup dengan cara-cara yang telah disebutkan. Sedangkan untuk gedung-gedung besar biasanya sistem keamanan untuk mengantisipasi kebakaran telah dipersiapkan secara khusus misalnya dengan alat deteksi asap atau alarm kebakaran. (m47)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS