Taman Cerdas Jebres Solo Taman Cerdas Jebres Solo

Wow, Ada Dinosaurus Di Taman Cerdas Solo

3123 Kali

RUMAH190.COM—Kota Solo memiliki banyak taman cerdas. Pada kesempatan kali ini, kita akan melihat lebih jauh tentang Taman Cerdas Jebres dan Taman Cerdas Pucang Sawit.

Taman Cerdas Jebres berada di utara Solo Techno Park (STP) atau di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Kompleks taman cerdas itu terdiri atas beberapa bagian. Setelah memasuki pintu gerbang yang menghadap ke barat, kita akan bertemu Gedung Perpustakaan yang sekaligus menjadi kantor pengurus taman cerdas. Di lantai bawah terdapat banyak unit komputer. Sedangkan di lantai atas, terdapat seperangkat gamelan.

Taman cerdas Jebres

Taman cerdas Jebres

Pengelola Taman Cerdas Jebres, Hari Sapto, mengatakan gamelan itu adalah titipan dari Kelurahan Jebres yang belum memiliki pendapa. Lantai II sebenarnya diperuntukkan untuk perpustakaan. Namun, buku-buku untuk dipinjamkan belum tersedia sehingga untuk sementara waktu dimanfaatkan untuk menyimpan gamelan.

Di depan gedung perpustakaan sisi selatan terdapat play ground yang bisa dimanfaatkan anak-anak. Ada perosotan dan jungkat jungkit. Di selatan play ground itu ada play ground lain berupa mini gazebo yang terhubung antara satu dengan lainnya. Wahana itu bisa dimanfaatkan untuk latih ketangkasan anak kecil.

“Kalau pagi sampai siang banyak pemuda dan mahasiswa yang memanfaatkan taman cerdas untuk internetan karena ada wifi hotspot,” terang Sapto.

Di belakang [timur] play ground berdiri mini aula. Sisi utaranya terbuka. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan. Namun, hingga kini baru Komunitas Solo Mengajar yang secara rutin menggunakan lokasi itu.

Beralih ke belakang [timur] gedung perpustakaan, terdapat sebuah arena teater terbuka. Tempat duduk arena itu semi melingkar dan dibuat berundak.

Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas Jebres

Di sisi utara Taman Cerdas Jebres, terdapat dua taman lagi, taman dinosaurus dan taman purba. Taman dinosaurus ditandai dengan patung salah satu spesies dinosaurus setinggi sekitar empat meter. Sementara taman purba ditandai dengan keberadaan tiga patung manusia purba.

Warga yang ingin buang air bisa memanfaatkan toilet yang terletak di utara taman purba. Kalau Anda ingin salat, sebuah musala kecil juga siap digunakan. Taman Cerdas Jebres juga tengah mengalami pengembangan. Rencananya, akan dibangun Gedung Audio Visual dan Edukasi di barat musala.

“Ada dua gedung yang sedang dibangun. Satu gedung untuk ruang audio-visual. Satu gedung lainnya untuk ruang display,” terang Sapto.

Di Kelurahan Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Solo, juga berdiri sebuah taman cerdas. Taman Cerdas Pucang Sawit namanya. Taman itu baru diresmikan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo pada 23 Juli 2015 sehingga taman itu menjadi salah satu taman terbaru di Kota Bengawan.

Taman cerdas Pucangsawit

Taman cerdas Pucangsawit

Letaknya berada di Kampung Kedung Belang, RW XIII atau di utara tanggul Sungai Bengawan Solo. Pintu gerbang taman menghadap ke utara. Saat masuk, kita akan bertemu dengan kolam air mancur berbentuk lingkaran. Ada empat patung kura-kura di bibir kolam. Sebuah patung lumba-lumba berada di tengah kolam. Dari bagian hidung lumba-lumba itulah air mancur keluar.

Di kanan dan kiri kolam terdapat patung gajah setinggi sekitar satu meter kokoh berdiri. Berbagai wahana permainan anak seperti ayunan, tempat memanjat juga tersedia di kanan dan kiri taman.

Dua bangunan kembar berdiri di selatan play ground. Bangunan sebelah timur rencananya digunakan sebagai ruang teknologi informasi (TI), sementara bangunan di sebelah barat dimanfaatkan sebagai perpustakaan.

Taman cerdas Pucangsawit

Taman cerdas Pucangsawit

Di bagian paling belakang taman cerdas terdapat joglo tanpa penyangga tengah. Joglo itu disangga tiang-tiang di bagian tepi yang dicat dengan warna coklat. Sementara bagian plafon dicat warna putih. Batu alam berwarna gelap dipilih sebagai lantai joglo. Di sebelah timur joglo terdapat kamar mandi. Kamar mandi dengan joglo disekat teralis yang juga dimanfaatkan sebagai taman gantung.

Sekretaris Pengurus Taman Cerdas Pucang Sawit, Titisari, mengatakan taman itu dibuka pukul 07.00-19.00 WIB. Pengurus sudah memuat berbagai program untuk menyemarakkan kegiatan di taman itu, misalnya computer, kelompok belajar, tari, karawitan, ketoprak, drama dan dalang bocah. Tak hanya anak-anak dari Pucang Sawit, beberapa warga luar kelurahan juga ikut mendaftar sebagai partisipan.

“Taman ini biasanya ramai oleh anak-anak saat siang sepulang sekolah. Kalau untuk perpustakaan, mereka bisa membaca buku-buku di sini. Tapi ada juga yang meminjam untuk dibawa pulang,” kata dia saat berbincang di perpustakaan taman itu, Kamis. (Ivan Andimuhtarom)

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS